GMT+7  -  25.09.2017 - 00:34:53
Records  :  Simpati = 16,  Dosen Lokal = 771,  Berita = 82,  Kerja Sama = 43,  Majalah = 10,  Artikel = 104,  Link = 4,  Buku tamu =
BUKUTAMU Read Sign

We apologize to have not any information right now.
 

CONTENT
   -   Beranda Situs
   -   Agenda LPPM
   -   Buku Tamu
   -   Kerja Sama
   -   SIMPATI

LINKS
   - Universitas Jenderal Achmad Yani
   - Dirjen Pendidikan Tinggi
   - Simlit LPPM Unjani
   - simlitabmas.ris tekdikti.go.id

DOWNLOAD
- Publikasi e-journal Portal Garuda4 Mei 2012.pdf
- REVIEWER DAN PENELITI PAPARAN HASIL LIT.pdf
- RALAT LAMPIRAN JADWAL PAPARAN LIT.pdf
- Agenda Penelitian Tahun 2013 23 Jan 2013.pdf
- PEDOMAN PENELITIAN-Revisi 2013.pdf
- Pemenang Hibah Dana Desentralisasi TA 2013.zip.pdf
- Pedoman Penelitian 2014 LPPM.pdf
- Penerima Hibah DIKTI Tahun 2014.pdf
- Penerimaan proposal penelitian 2014.pdf
- Pengumpulan Abstrak hasil penelitian 2013 untuk SENIJA.pdf
- Pedoman Penelitian Kompetitif Unjani 2015.pdf

SIMPATI Search this web :  

APPN/2010/041-021/  |  Penelitian Dasar

“Pembuatan Membran Bioreaktor Polipirol Polifenol Oksidase untuk Penanganan Limbah Cair yang tercemar Fenol”
Oleh : Anceu Murniati

"Fenol adalah suatu asam organik dengan penggunaannya sangat luas dalam industri kimia seperti produksi pestisida, bahan pencelup, desinfektan, antioksidan, farmasi, aditif minyak, poliuretan, resin fenol formaldehid, pemlastis, dan surfaktan. Disamping kegunaan, terdapat kerugian dari fenol yang merupakan bahan kimia korosif, bahkan limbahnya dapat mencemari lingkungan. Mengingat perhatian pada toksisitas, sehingga perlu dipertimbangkan kuantitas fenol dari lingkungan dan penentuannya dalam konsentrasi yang rendah merupakan suatu masalah yang penting.

Dengan mengevaluasi beberapa literatur perkembangan metode analisis fenol dari biosensor berbasis polifenol oksidase (PPO) dan kemampuan dari suatu membran bioreaktor berbasis PPO untuk memisahkan fenol dari suatu larutan, maka dalam penelitian ini lebih terinspirasi untuk merancang bangun reaktor dari membran bioreaktor polipirol (MBR-Ppy) berbasis PPO. Metode sintesis MBR-PPy-PPO secara voltametri siklik dengan enzim PPO yang diamobilisasi pada matriks polipirol (PPy) di atas kasa baja berpori anti karat. Studi kinerja film membran meliputi karakterisasi MBR yang dipelajari melalui foto SEM dan spektrum IR, parameter selektivitas (persen konversi dan persen rejeksi fenol) serta fluks membran. Hasil akhir dari penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu produk membran bioreaktor skala kecil (elektroda kerja) yang sekaligus merupakan studi elektrometri yang menghasilkan parameter optimal untuk sintesis membran tahap berikutnya. Sedangkan produk akhir yaitu diperoleh membran bioreaktor MBR-PPy-PPO yang akan diaplikasikan dalam satu set rancang bangun reaktor MBR-PPy-PPO skala kecil dan skala pilot sebagai media pemisah yang semipermiabel sekaligus adanya enzim sebagai media katalitik untuk penanganan limbah cair yang mengandung fenol menjadi kuinon.
"




Penelitian Terkait :

 
Privasi  |  Kontak  |  Peta Situs  |  Developer Copyright © 2006 - 2017 by UNJANI | All Right Reserved