Daftar Pengabdian kepada Masyarakat Unggulan Unjani

 

Pelaksana Pengmas  : Dr. V. Santi Paramita, S.E., M.Si.

Judul Penelitian         : Manajemen Sekolah Berwawasan Lingkungan (Eco 

                                     Green School Management)

Sumber Dana            :  Kemenristek Dikti

Tahun Pelaksanaan   :  2017

Abstrak

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan menerapkan manajemen sekolah hijau berwawasan lingkungan (eco green school management) melalui penanaman jiwa dan semangat cinta lingkungan serta mengubah perilaku warga sekolah.” Kegiatan dilaksanakan melalui beberapa sup program, yaitu: 1) Program peninjauan dan penerapan kurikulum 2) Program penghijauan sekolah, 3) Program pembuatan alat peraga produksi kompos sederhana, 4) Program sosialisasi teknik pengolahan sampah organik menjadi kompos, 5) Program sosialisasi pembuatan sarana tanam vertikultur dan hidroponik, 6) Program sosialisasi pembuatan lubang biopori dan 7) Program edukasi kepada masyarakat tentang teknik tanam vertikultur dan hidroponik.

Program dilaksanakan dengan melibatkan peran aktif guru dan siswa, diantaranya melalui penerapan kurikulum berwawasan lingkungan dalam seluruh mata pelajaran secara terintegrasi; sosialisasi program dalam beberapa media; praktik menanam, merawat, dan memanen hasil tanam; pembiasaan membuang dan memilah sampah serta workshop tenik tanam hidroponik, vertical garden dan proses pembuatan kompos sederhana.

Secara keseluruhan program dapat terlaksana dengan baik, Namun keberhasilan pelaksanaan program sangat ditentukan oleh kreatifitas guru dan peran aktif siswa dalam pelaksanaan program-program cinta lingkungan. Pengawasan dan pengendalian kegiatan harus berprinsip pada konsistensi dan kedisiplinan dalam menjamin keberlangsungan dan keberhasilan program. Pada akhirnya, evaluasi perlu dilakukan secara berkala, agar dapat merancang program yang menarik pada periode berikutnya.