Tim Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Unjani Berhasil Menerbitkan Buku dari Hasil Pengmas “Sayuran dan Buah Berwarna Merah, Antioksidan Penangkal Radikal Bebas”

posted in: Liputan-7 | 0

VOLUME 53. N0 53. Halaman 53. Cimahi 2021

Pada Tanggal 20 Maret 2021 Pada tanggal 20 Maret 2021 Tim Pengmas KedokteranUnjani telah menerbitkan bukunya yang berjudul “Sayuran dan Buah Berwarna Merah, Antioksidan Penangkal Radikal Bebas”

Penulis : Dr. Henny Juliastuti, dr., M.Kes., dkk

Institusi: Universitas Jenderal Achmad Yani

Kategori :Buku Referensi

Bidang Ilmu :Kesehatan

ISBN :978-623-02-2596-3

Ukuran :17.5×25 cm Tahun : 2021

“ Dr. Henny Juliastuti, dr., M.Kes.,” mengatakan bahwa  buku ini adalah hasil pengmas dari tim Fakultas kedokteran Unjani yang di danai oleh LPPM UNJANI, selain itu terbitnya buku ini tidak lepas juga dari bantuan Editor “ Dr.Eus Reni Yuslianti, drg., M.Kes.”, buku ini juga telah melakukan MOU dengan pihak penerbitbukudeepublish.com  dan kami akan menindak lanjuti dengan mengurus Hak Ciptanya melalui Akun Resmi Lppm Unjani.

Buku ini telah tersebar diberbagai media Online seperti bukalapak, shoope, https://penerbitbukudeepublish.com/shop/buku-sayuran-buah/ , dan E-book https://play.google.com/store/books/details/Dr_Henny_Juliastuti_dr_M_Kes_Sayuran_Dan_Buah_Berw?id=vZYoEAAAQBAJ

Selain itu beliau juga mengatakan, Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan ragam bahan pangan hayati. Kekayaan ini menjadikan orang Indonesia dapat mengonsumsi makanan dengan mudah karena hampir sepanjang waktu dapat menemukan bahan pangan yang beraneka ragam. Termasuk di dalamnya aneka sayur dan buah.

Buku ini menyajikan beberapa sayuran dan buah-buahan memiliki manfaat bagi tubuh antara lain sebagai sumber vitamin dan serat, dan yang penting adalah menopang kehidupan manusia untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Buah-buahan yang berwarna merah secara umum berasal dari kerotenoid dan flavonoid yang merubakan pigmen warna sekaligus sebagai antioksidan.

Antioksidan memiliki fungsi yang penting bagi kesehatan tubuh manusia sebab fungsinya dapat menghambat serta menetralisasi terjadinya reaksi oksidasi yang melibatkan radikal–radikal bebas.

Buah dan sayuran berwarna merah mengandung senyawa fitokimia likopen, phytoene, phytofluene, dan vitamin E dengan contoh sumber pangannya adalah tomat dan semangka. Buah dan sayuran berwarna merah-ungu mengandung senyawa fitokimia anthocyanisis, ellagic acid, dan flavonoid dengan contoh sumber pangannya adalah anggur dan stroberi.

Antioksidan dalam makanan dapat berupa antioksidan alami seperti yang terkandung dalam sayur-sayuran dan buah-buahan berwarna merah terbukti berguna bagi tubuh untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *